floating facebook button arrow left side

Cara Memulai Bisnis Selular

Hampir 5 tahun saya menekuni bisnis konvensional selular, berbagai hal sudah saya alami baik itu rugi,  untung besar, bahkan saya pernah bangkrut dan memulai lagi dari awal.

Memang saya akui saat ini bisnis selular sangat menjamur bahkan jika saya lihat  di kota kelahiran saya Banjarmasin khususnya di daerah tempat tinggal saya kira-kira hampir setiap 10 meter ada satu counter handphone. Meskipun saya sudah tidak disana sekarang.

Itu tandanya bisnis ini gampang sekali utk diduplikasi dan dilakukan. Namun tidak sedikit pula pebisnis yang gulung tikar di bisnis ini. Tentu saja karena persaingan ketat, manajemen yg jelek, ditipu, kehidupan malam dan sebab-sebab lainnya. Banyak pebisnis selular  yang saya kenal tidak cuma bangkrut, tapi sudah bangkrut  masih punya banyak hutang.

Baik, saya akan share tentang cara memulai bisnis ini. Saya harap dapat sedikit membantu jika anda berencana memulai bisnis ini.

Agenda utama tentu saja modal, berapa modal yg kira-kira akan anda alokasikan disini. Kalau anda cuma punya modal yg sedikit sekali dan sekedar ingin jualan pulsa didepan rumah kira-kira cuma perlu modal etalase ukuran 1 meter, 1 handphone, beberapa biji kartu perdana untuk pajangan di etalase anda serta uang sebesar 50rb. murah bukan? Uang 50rb kita pakai buat belanja saldo pulsa yang namanya multi produk/multi operator/chip all operator.

Banyak nama-nama digunakan untuk itu. Intinya jika anda mengisi saldo multi produk anda bisa jual hampir  semua jenis pulsa. Tidak sulit mencarinya, hampir di semua kota ada sepertinya. Di koran pun banyak yg iklan tentang penjualan saldo multi produk ini.

Mari kita berhitung, etalase sekitar 300 ribu, kartu perdana sekitar 30 ribu sudah lengkap, saldo multi 50 ribu, handphone cukup gunakan yang anda pakai saja. jd totalnya 380 ribu. jika punya 500 ribu dialokasikan ke saldo multi saja, soalnya capek juga jika saldo anda hanya 50 ribu. Andai ada yg beli pulsa 10 ribuan 5 orang berarti anda harus jalan lagi buat belanja karena saldo anda habis.

Atau jika anda hanya mau iseng-iseng menjual ke teman-teman sekolah anda, teman kantor, keluarga ataupun tetangga, maka cukup bermodal 50 ribu saja utk memulai bisnis ini.

Selanjutnya kita bicara tentang modal yg agak besar saya tetapkan disini sekitar 10 juta. dengan angka yg cukup besar ini saya yakin anda sudah benar-benar serius menjalankan bisnis ini. Tapi jika dengan sewa di tempat yg strategis tinggal ditambahkan saja dari10 jutanya.

Apa saja yang diperlukan? Saran saya anda minimal punya 4 handphone utk transaksi, utk m-kios (transaksi telkomsel), dompul (transaksi xl), i-sev (transaksi indosat), yg satunya multi produk buat pulsa elektrik yg lainnya. Lebih banyak lebih baik, untuk elektrik yang lainnya seperti three, smart, axis, esia, flexi. Memang banyak sekali. Pusing memang jika terlalu banyak!!!

Kenapa tidak cukup satu handphone dengan memakai multi produk saja?

Pertama kelemahan multi produk lebih lama transaksinya, kadang bisa mencapai 5-15 menit jika transaksi sedang padat, memang kalau lagi cepat 10 detik juga sudah masuk setelah kirim sms. Bayangkan bisa ngomel-ngomel tuh pelanggan anda kalo sampai 10 menit pulsanya belum masuk. Dan karena kecewa mereka dan tidak belanja di tempat kita lagi, akan merugikan kita sendiri. Bedanya dgn reload yg resmi langsung masuk saat itu juga.

Kedua masalah harga, biasanya multi produk lebih mahal 100-200 perak ketimbang reload resmi asli dari operatornya, belum lagi biaya kirim smsnya. Karena multi produk sistemnya kirim sms sedangkan yang resmi hampir semuanya langsung dari menu alias tanpa sms. Jadi anda saya jamin akan kalah bersaing jika menggunakan multi produk.

Jadi alokasi dana 10 juta menurut perhitungan saya, utk m-kios lebih kurang 1 juta, dompul 500 ribu, i-sev 500 ribu, multi produk 500 ribu. Untuk voucher fisik lengkap 900 ribu. perdana saya alokasikan 200 ribu disini (karena perdana sudah murah sekarang). Utk handphone buat transaksi saran saya belilah nokia 1202 jika anda ingin menggunakan hp baru. Sekarang harga barunya hanya sekitar 205ribu, jadi sekitar 800ribu lebih.

Alangkah bagusnya jika dilengkapi aksesoris karena untungnya lebih besar bahkan sampai 3 x lipat. Budget untuk aksesoris 500 ribu tapi ingat jangan stok casing ataupun mika karet terlalu banyak karena akan banyak barang matinya dan tidak bisa di retur, paling penting adalah baterai, charger dan headset. Banyak sekali memang tipe-tipe handphone sekarang apalagi yg keluaran china, jadi agak berat kalo mau melengkapi semua. Cukup nokia, sony ericsson dan motorolla buat awal.

Selanjutnya komputer minimal pentium 4 utk pengisian ringtone atau aplikasi handphone . Saya kira komputer sudah tidak terlalu mahal sekarang 1,7 juta cukup untuk komputer, monitor, bluetooth eksternal dan  card reader. Kegunaan lainnya tentu saja sebagai penghibur, dengar musik, main game ataupun internetan. Tapi ingat jgn keasyikan sampai pelanggan anda cuekin.

Jika ingin lebih lengkap dengan cetak foto saran saya belilah printer merk Epson R- 230 + infus senilai lebih kurang 1,8 juta. Hampir semua outlet yang menyediakan jasa cetak foto menyarankan merk itu meskipun saya tidak begitu mengerti jelas dengan kelebihannya, namun yg pasti hasil printoutnya mengesankan!!

Printer tidak terlalu saya sarankan karena modal anda cukup terbatas, mungkin lebih baik dialokasikan untuk kartu perdana ataupun voucher karena perputarannya lebih cepat. Printer saya sarankan  bila anda punya dana lebih.

Jika anda ingin mencoba bermain handphone maka budget sisanya digunakan  untuk handphone second ataupun baru yg low end. Untungnya lumayan, biasa minimal 50 ribu- 100 ribu untuk yang hp second yang low end tapi resikonya juga tinggi :) , kalo hp baru untungnya lebih tipis sekitar 10-15 ribu.

Tapi ingat hati-hati jika anda baru belajar jualan handphone second, ada banyak sekali handhone yg bermasalah jadi periksalah dengan hati-hati dan usahakan hanya menerima handphone model terbaru saja. Bahkan jika counter handphone lain tau ada counter baru yang buka, bisa dijadikan target mereka buat jual barang-barang rusak mereka. Ini pengalaman saya sendiri  :)

Soal etalase saya kira 2 meter sudah cukup jika conter anda tidak terlalu lebar. alokasi dananya sekitar 600 ribu. Memang masih banyak hal-hal kecil yg dibutuhkan untuk dibeli tapi sudah tidak terlalu menguras dana anda lagi, cthnya alat2 tulis, kertas foto, kertas nota dll.

Well, ini sekedar hitung-hitungan kasar versi saya. Dan tentu saja fleksibel buat diatur menurut keinginan anda. Apa yang ingin anda fokusin, misalnya handphone maka alokasi dana di tempat lain dikurangi. atau seperti teman saya, sebagian besar budget dia masukkan ke kartu perdana, saya jamin harganya tidak ada yang menyaingi. Saya akan sharing tips dan triknya di post yang lain.

The next level of selular business akan saya ulas di post yang lain.

2 comments

  1. ant says:

    txz bwt infonya jd termotifasi bwt buka usaha…..

  2. nardi suhanda says:

    makaseh for info nya…please enter tuk contact

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *